Cara cerdas memilih jurusan di SNMPTN

Home » News » Cara cerdas memilih jurusan di SNMPTN

Bagaimana sih agar lolos SNMPTN ?

Persaingan yang sangat kompetitif dalam SNMPTN mengharuskan calon mahasiswa untuk cerdas dalam memilih kampus dan program studi (prodi). Nah, supaya peluang diterima makin besar, yuk simak beberapa tips dari Ristekdikti dalam menentukan pilihan prodi berikut ini.

1. Tentukan jurusan

Banyak calon mahasiswa yang bingung harus mendahulukan pilihan PTN atau prodi. Jawabannya, kamu harus tentukan prodi atau jurusan yang diinginkan. Setelah itu, baru tentukan PTN yang tepat dan menyediakan prodi pilihanmu. Calon mahasiswa juga diharapkan tidak memilih jurusan yang menyimpang dari jurusan sekolahnya, misalnya dari IPA ke IPS atau sebaliknya. Hal itu hanya membuat peluangmu diterima semakin tipis.

2. Pelajari jurusan pada PTN

Cari tahu informasi mengenai daya tampung jurusan tersebut. Lihat jumlah pendaftar, jumlah yang diterima, serta sebaran siswa diterima dari SNMPTN tahun sebelumnya. Dalam SNMPTN, siswa boleh memilih maksimal dua PTN, asalkan satu pilihannya berada di provinsi yang sama dengan asal sekolah. Di sisi lain, beberapa PTN enggan dijadikan sebagai pilihan kedua. Bijaklah dalam memilih prodi dan PTN, yaitu disesuaikan dengan nilai rapormu.

3. Lihat profil sekolah

Panitia SNMPTN 2017 memberi jatah sekolah berakreditasi A sebanyak 50 persen siswa terbaik di sekolahnya. Akreditasi B sebanyak 30 persen siswa terbaik, dan akreditasi C sebanyak 10 persen siswa terbaik. Artinya, meski nilaimu tidak terlalu tinggi, peluang lolos SNMPTN semakin besar jika sekolahmu punya akreditasi yang baik. Setelah mengetahui akreditasi sekolah, baru tentukan PTN mana yang peluang diterimanya tinggi.

Posted on